Tata Letak (Layout Perusahaan)

Macam-macam Tata Letak (Layout)


1. Fixed Position Layout (Tata Letak posisi tetap)

    Adalah Penyusunan Layout dimana Bahan-bahan , Tenaga kerja dan Peralatan bisa dibawa ke tempat produk yang dibuat.


2. Process Orientasi Layout (Tata Letak berdasarkan Proses)

     Layout ini mengelompokkan Orang-orang yang memiliki keahlian dalam suatu kegiatan tertentu yang sesuai dengan keahliannya. Misalnya dalam pabrik pembuatan mobil , Orang-orang yang memiliki keahlian merakit akan dikelompokkankan di bagian perakitan. Di Rumah sakit , semua Dokter yang memiliki keahlian akan dikelompokkan sesuai keahliannya seperti Adanya Dokter Gigi, Dokter spesialis , Dokter kulit, Dokter bedah , Dokter kandungan


3. Office Layout (Tata Letak perkantoran)

     Perbedaan antara Layout perkantoran dan Layout pabrik adalah Aliran informasi , Layout Pabrik lebih dominan memperlihatkan Aliran barang,  sedangkan Layout Perkantoran biasanya bersifat nonfisik. Layout Perkantoran Misalnya Posisi Customer service dan Teller selalu ditempatkan didepan , yang berperan sebagai Bagian Informasi dan Administrasi kantor, sedangkan Layout Pabrik seperti Pabrik Teh yang menempatkan Mesin pembuka terlebih dahulu , kemudian disusul dengan mesin pengisi Teh , serta mesin penutup botol Hal itu disusun berdasarkan sesuai urutannya.


4. Retail Layout (Tata Letak pergudangan)

    Layout pergudangan ini dirancang untuk mendapatkan manfaatnya maksimum antara ruangan yang tersedia dengan biaya handling yang ditimbulkan seperti biaya penerimaan barang, biaya penyimpanan barang, biaya pengiriman barang.


5. Warehouse Layout (Tata Letak pertokoan)

      Layout ini timbul dari sebuah pendapat yang menyatakan bahwa penjualan dan keuntungan secara langsung berkaitan dengan pandangan konsumen terhadap penampilan penampilan produk. Misalnya di Minimarket , dimana masing-masing produk yang berkaitan disusun semenarik mungkin dan dikelompokkan seperti Pasta gigi dan sikat gigi, Jarum dan benang, Baju dan syal


6. Product oriented Layout (Tata Letak Orientasi produk)
   
    Layout ini bercirikan produk yang dijual. Dalam Layout ini , ada beberapa Alat dan Mesin khusus produk yang bersifat otomatis yang biasanya terlihat di perusahaan perakitan mobil, perusahaan tekstil , perusahaan elektronik, perusahaan kimiawi dan sebagainya , contoh kecil nya seperti Toko Sport yang menyediakan alat alat olahraga , Toko mobil yang menyediakan alat alat mobil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga komoditas ekuilibrium relatif dalam perdagangan -- Analisis ekuilibrium parsial

Nilai Tukar Perdagangan

Kurva penawaran ekspor